Salmon Fingers untuk Menu Makan si Kecil

Selasa, 02 Mei 2017 - 06:01 WIB
Salmon Fingers untuk...
Salmon Fingers untuk Menu Makan si Kecil
A A A
JAKARTA - Hidangan makan siang yang mudah dan simple untuk anak-anak memang diperlukan kreativitas dalam membuatnya. Apalagi jika Anda memiliki anak yang susah makan atau hanya gemar menikmati makanan ala restoran cepat saji.

Untuk itu, diperlukan trik-trik khusus bagi para ibu untuk membuat sajian yang diminati anak, tapi tetap terjaga kesehatannya.

Seperti resep Salmon Fingers dari Taste.com.au, misalnya. Anda dapat membuat sajian salmon balut tepung dengan nasi atau kentang goreng sebagai pelengkapnya. Berikut cara membuat Salmon Fingers yang dapat Anda coba di rumah.

Bahan-bahan:
2 x 415 gram ikan salmon kalengan, tiriskan airnya
1 bh bawang bombay ukuran kecil, cincang kasar
Daun peterseli cincang secukupnya
1 bh lemon, parut halus kulitnya dan ambil airnya
100 gram tepung panir halus
75 gram tepung terigu
70 gram keju parmesan, parut halus
2 butir telur
80 ml minyak zaitun
Garam dan merica secukupnya
Saus tartare, salad, nasi putih atau kentang goreng dan potongan lemon untuk pelengkap

Cara membuat:
Tempatkan salmon dalam mangkuk besar. Tambahkan bawang bombay, peterseli, kulit lemon, air jeruk lemon, sedikit tepung panir, dan tepung terigu. Bumbui dengan garam dan merica secukupnya, aduk dengan lembut hingga tercampur rata.

Gunakan tangan basah, bentuk campuran salmon hingga berukuran tinggi 9 cm dan lebar 3 cm kemudian susun di atas piring. Lakukan hal yang sama hingga campuran salmon habis.
Kombinasikan sisa tepung roti dan parmesan dalam mangkuk. Tempatkan sisa tepung terigu dalam mangkuk terpisah dan kocok telur dalam mangkuk yang berbeda pula. Ambil salmon, balut dengan dengan tepung, telur dan campuran tepung roti. Susun kembali di atas piring.

Panaskan minyak dalam wajan besar di atas api sedang, lalu goreng salmon selama 2 menit di setiap sisi atau sampai berwarna coklat keemasan. Setelah itu, tuangkan ke atas piring yang telah dilapisi handuk kertas, tiriskan. Sajikan salmon dengan saus tartare, salad, nasi putih atau kentang goreng dan irisan lemon sesuai selera.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0786 seconds (0.1#10.140)